Google Janjikan Rp155 Miliar Untuk Bantu UMKM Dalam Pinjaman Modal

Berita Populer

Polres Bogor Ciduk Satu Pelaku Penipuan Program Fiktif

CIBINONG-Kepolisian resort Bogor berhasil meringkus satu pelaku penipuan program fiktif gebyar britama kepada satu nasabah bank BRI inisial SS...

Kominfo RI Bersama Anton Suratto Gelar Webinar Kewirusahaaan UMKM Melalui IT

BOGOR - Sebanyak 200 pelaku wirausaha di Kabupaten Bogor, Senin (19/4) kemarin sangat bersemangat dalam mengikuti kegiatan Webinar yang...

Harga Mentimun Naik, Petani Untung

CIBUNGBULANG - Bulan Ramadhan kebutuhan mentimun meningkatkan, dampaknya harga mentimiun di pasar Trandisional melojak naik hingga Rp 3 Ribu...

PKB Bagikan Takjil Kepada Masyarakat Hasil Beli dari Pedagang Kecil di Cibungbulang

CIBUNGBULANG - Sekertaris Komisi 2 DPRD Kabupaten Bogor dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Lukmanudin Ar Rasyid bersama Pengurus PAC...

Wanhai : Daerah Otonomi Baru Bukan Sekedar Gaungan Semata

CIBINONG-- Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor Wawan Haikal Kurdi mengatakan bahwa Daerah Otonomi Baru (DOB) itu bukan hanya sekedar...
- Advertisement -

Jakarta – Untuk membantu mempercepat pemulihan ekonomi nasional, Google menjanjikan komitmen senilai USD 11 juta (sekitar Rp 155 miliar) dalam bentuk pinjaman modal dan hibah untuk membantu UMKM dan melatih 5.000 anak muda Indonesia untuk mendapatkan pekerjaan di sektor formal.

Komitmen ini disampaikan Google pada perhelatan Google for Indonesia kelima yang berlangsung secara virtual, Rabu (18/11/2020). Disebutkan Google, pinjaman modal sebesar USD 10 juta akan diinvestasikan Google melalui kemitraan dengan Kiva untuk menyediakan pinjaman bagi UMKM di seluruh daerah.

Sementara itu, hibah USD 1 juta akan diberikan lewat Google.org kepada Plan International untuk mengatasi pengangguran anak muda di Indonesia. Inisiatif tersebut merupakan respons Google terhadap kebutuhan talenta digital yang akan menyokong pertumbuhan ekonomi digital Indonesia seperti disebutkan Presiden RI Joko Widodo.

- Advertisement -

Dalam sambutannya saat pembukaan Google for Indonesia, Presiden Jokowi mengatakan Indonesia membutuhkan lebih banyak pelatihan untuk mengasah kemampuan SDM IT, sehingga mampu memenuhi kebutuhan 9 juta talenta digital nasional hingga tahun 2035.

“Upaya untuk memenuhi target 9 juta talenta digital nasional tersebut tidak bisa hanya dikerjakan oleh pemerintah. Tapi harus dilakukan bersama-sama, baik oleh pemerintah, perguruan tinggi, maupun swasta,” kata Presiden Jokowi.

“Saya berharap berbagai inisiatif seperti Google for Indonesia 2020 akan terus bermunculan untuk berkontribusi bagi pengembangan SDM di bidang IT Indonesia, membantu UMKM mengembangkan bisnis dan mampu naik kelas, bangkit dan maju bersama untuk Indonesia maju,” sambungnya.

- Advertisement -

Google for IndonesiaManaging Director Google Indonesia Randy Jusuf. Foto: Istimewa/Screenshot detikINET
Sementara itu, Managing Director Google Indonesia Randy Jusuf menyebutkan bahwa bantuan sebesar USD 10 juta dalam bentuk pinjaman modal bertujuan membantu pemilik UKM agar lebih siap dalam menghadapi masa sulit ini.

“Melalui kemitraan dengan Kiva, Google memberikan modal kepada para penyedia layanan keuangan untuk menyediakan pinjaman kepada UKM yang paling terdampak oleh pandemi COVID-19 di komunitas-komunitas yang kurang terlayani di Indonesia,” sebutnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menko Perekonomian RI Airlangga Hartarto menekankan pentingnya mendukung jutaan UMKM yang menjadi tulang punggung ekonomi nasional dan menyampaikan apresiasi kepada Google atas dukungannya terhadap pemerintah dalam melaksanakan agenda tersebut, khususnya dengan pelatihan digital dan bantuan pembiayaan berbunga rendah kepada UMKM.

- Advertisement -

“Kami berharap dengan inisiatif Google tersebut, UMKM dan tenaga kerja produktif Indonesia dapat terbantu untuk terus beraktivitas di tengah pandemi global untuk meningkatkan keahlian digital. Kita berharap bahwa dengan kegiatan-kegiatan tersebut kita mampu merealisasikan potensi ekonomi digital Indonesia sebesar USD 124 miliar di tahun 2025,” kata Airlangga.

Sumber:Detik

- Advertisement -

Tinggalkan Balasan

Berita terbaru

Tips Pesepak Bola Muslim Tetap Kuat Bertanding Saat Puasa

JAKARTA - Menjalankan ibadah puasa sambil bersaing dalam level tertinggi sepak bola Eropa bukan hal mudah. Begini cara bek...

Berita Terkait
publikbicara.com