Beranda Nasional Kejadian Kerumunan Acara HRS Yang Bikin Anies Diperiksa Polisi

Kejadian Kerumunan Acara HRS Yang Bikin Anies Diperiksa Polisi

Jakarta – Kerumunan massa di acara pernikahan putri Habib Rizieq Syihab dan Maulid Nabi Muhammad SAW berujung pemanggilan polisi terhadap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Selain Anies, Habib Rizieq hingga Wali Kota Jakarta Pusat bakal dimintai klarifikasi.

Habib Rizieq awalnya mengumumkan jadwal kepulangannya ke Tanah Air di akun YouTube Front TV, Rabu (4/11/2020). Dalam kesempatan itu, Habib Rizieq juga mengumumkan pernikahan putrinya yang bersamaan dengan acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

“Insyaallah pada hari Sabtu, tanggal 14 November tahun 2020 malam, ba’da salat Isya, kita akan langsung bersama-sama dengan Dewan Pimpinan Pusat Front Pembela Islam untuk menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di markas besar Front Pembela Islam di Petamburan, Jakarta Pusat, sekaligus insyaallah saya akan menikahkan putri saya yang keempat, yaitu Syarifah Najwa Syihab, dengan tunangannya, insyaallah, Sayid Irfan Alaidrus,” ujar Habib Rizieq.

Setelah itu, acara kemudian digelar dengan dihadiri banyak jemaah. Acara menuai sorotan karena dianggap tidak menjalankan protokol kesehatan terkait COVID-19.

Baca Juga :  Koramil 0621-24/Jasinga Berjaga di Garda Depan Pasca Lebaran: Membantu Masyarakat Hadapi Arus Balik dan Musim Liburan

Sejumlah pejabat pun terkena dampaknya. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dimintai klarifikasi polisi hingga 2 kapolda dicopot kapolri karena dinilai tidak mampu melaksanakan perintah soal protokol kesehatan.

Berikut ini urutan kejadian kerumunan di acara Habib Rizieq hingga Anies dipanggil polisi seperti dihimpun detikcom, Selasa (17/11/2020).

4 November 2020

Habib Rizieq mengumumkan rencana kepulangan dari Arab Saudi ke Tanah Air. Habib Rizieq juga menyampaikan jadwal pernikahan putrinya yang bersamaan dengan Maulid Nabi yang akan digelar pada 14 November 2020.

10 November 2020

Habib Rizieq tiba di Tanah Air. Dia juga mengajak jemaah untuk merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW di kediamannya di Petamburan, Jakarta Pusat.

“Dan insyaallah Sabtu nanti kita akan gelar Maulid Nabi Muhammad di tempat ini (Petamburan). Siap datang?” kata Rizieq saat berceramah di hadapan pengikutnya, di Jalan KS Tubun, Jakarta Pusat (Jakpus), Selasa (10/11).

“Siap, siap hadir, takbir,” balas massa kompak.

Baca Juga :  Bandara Sam Ratulangi Tutup Akibat Abu Vulkanik Gunung Ruang

Anies Baswedan berkunjung ke Petamburan, Jakarta Barat, menemui Habib Rizieq pada Selasa (10/11) malam. Pertemuan itu terjadi selepas waktu Isya.

Momen pertemuan tersebut juga diunggah oleh Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tengku Zulkarnain di akun instagramnya. Di foto itu, tampak Anies memakai jas hitam duduk bersama Habib Rizieq dan Tengku Zulkarnain.

Ada juga menantu Habib Rizieq Hanif Al-Athos mendampingi. Mereka tampak memakai masker.

“Kami ketemuan setelah Isya, kan banyak orang tadi (siang). Kalau subuh juga kan mungkin terlalu banyak orang. Mana mungkin subuh aja kan belum sampai,” kata Tengku, seperti dilansir Antara, Rabu (11/11).

Tengku mengungkap saat pertemuan kondisi di sekitar kediaman Habib Rizieq masih terlihat ramai. Menurutnya, tidak ada pembicaraan yang khusus terkait pertemuan itu.

“Masih ramai sih, saya aja cari parkir empat sampai lima menit, tapi ketemu Habib tadi tidak ramai, selain itu kita hanya sebentar bertemunya, minum teh saja,” kata dia.

Sumber:Detik

Artikulli paraprakJordan Henderson dipulangkan Oleh Timnas Inggris Ke Liverpool
Artikulli tjetërKetua LPM Desa Harkat Jaya Angkat Bicara Soal Pilkades