Beranda Daerah Di PHK, Saad Meraup Untung Berternak Kelinci

Di PHK, Saad Meraup Untung Berternak Kelinci

KEMANG – Beternak kelinci merupakan salah satu usaha yang bisa dibilang menjanjikan, karena memiliki peluang keuntungan yang besar, jika ditekuni secara serius. Seperti yang dilakukan Saad Saputra, warga Kampung Kemang Gg Kangkung RT 04/01, Desa Kemang, Kecamatan Kemang, paska di PHK di masa Pandemi Covid-19.

“Ada 200 ekor kelinci jenis Fuzilop, Rex, Holand, Lokal dan jenis Nederland. Saya mulai beternak sejak 7 bulan lalu karena akibat PHK. Saya memumtar otak bagaimana caranya saya biaa mendpatkan uang dimasa pandemi. Demgan modal seadanya saya mulai berternak kelinci jenis ini,” uajar Saad di lokasi peternakan, Kamis (12/11).

Baca Juga :  Penetapan Capres-Cawapres Terpilih Segera Dilakukan Usai Putusan MK: Prabowo-Gibran Akan Segera Dilantik

Masih kata Saad, untuk perawatan kelinci sebenarnya tidak sulit, cukup dengan membersihkan kandang minimal sehari sekali dan penyemprotan antiseptik pada kandang 2 kali sehari. Sedangkan untuk pakan diberi dua kali satu hari yaitu pagi dan sore.

“Pakan cukup menggunakan pelet khusus kelinci dan rerumputan seperti kangkung, karena saat ini musim penghujan saya memberi pakan dengan pelet saja. Untuk pembeli ada yang datang langsung ke kandang ada juga yang lewat online. Untuk harga. Fuzilop anakan Rp 150 ribu dan Dewasa Rp 250-500 ribu, jenis Rex anakan  Rp 120-200 ribu, jenis Holand anakan Rp 250-500 ribu, Dewasa Rp 500 sampai Rp 1,5 juta, Jenis Lokal Rp 50 sampai Rp100 ribu, dan terakhir jenis Nederland Rp 80 sampe 150 ribu,” tambahnya.

Baca Juga :  SAHAJA Bergegas Menyatukan Dukungan untuk Jaro Ade sebagai Bupati Bogor 2024 : Ini Kata Ketua AMS Kabupaten Bogor

Dirinya mengaku, tidak takut kalau tidak laku, pembelinya banyak, tidak hanya lokal Bogor, tapi dari Jakarta, Bandung, dan Tangerang.”Selain itu, untuk kotoran kelinci, saya memanfaatkannya untuk pupuk, seperti air kencing kelinci diambil pelanggan untuk dibuat menyemprot tanaman, dengan harga perliternya Rp 10 ribu,” tukasnya.

(Cep Rendra)

Artikulli paraprak5 Calon Kades Kalong Dua di Tetapkan
Artikulli tjetërCamat Cibungbulang Pastikan Simpang Cibatok Tidak Ditutup Total