BUMDES Kelola Bank Sampah Menuju Desa Nanggung Ramah Lingkungan

Berita Populer

- Advertisement -

NANGGUNG – Pengelolaan Sampah bukanlah sesuatu yang kotor dan tidak keren di era sekarang ini. Dengan selalu adanya permasalahan sampah di setiap daerah ini menjadikan Bumdes Pengelolaan Sampah menjadi salah satu daya tarik tersendiri sebagai badan udahan milik desa (BUMDES).

Selain membuat lingkungan tempat kita tinggal menjadi lebih bersih dan terbebas dari tumpukan barang bekas yang menghasilkan bau tak sedap, nyatanya banyak kisah sukses BUMDES Pengelolaan sampah yang bisa kita jadikan contoh.

Berawal dari Kampung Ramah Lingkungan (KRL) yang terletak di Kampung Nanggela, memotiafasi Pemerintah Desa Nanggung untuk melegola bank sampah melalui Badan Udaha Milik Desa (BUMDES) yang diberi nama Gerakan membangun ekonomi masyarakat (Gerbag Emas).

- Advertisement -

Kepala Desa Nanggung Ahmad Sodik menyampaikan, Hal itu diharapkan dapat menjadi solusi dalam pengelolaan sampah di wilayahnya. Sehingga, keberadaan Bank Sampah bisa menjadi solusi untuk mengendalikan volume sampah di wilayahnya.

Baca Juga :  Anggota DPR RI Tommy Kurniawan Bagikan Hewan Qurban Kepada Masyarakat Desa Batok Kecamatan Tenjo

“Awalnya, berangkat dari KRL di Kampung Nanggela, ini juga merupakan gerakan membangun kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan ke aliran sungai yang berpotensi mencemari lingkungan,” ujar Kades Sodik kepada wartawan media ini, Senin (09/11/2020).

- Advertisement -
Baca Juga :  Pemdes Barengkok Terpaksa Sewa Mobil Angkutan, Berharap Mobil Ambulance Segera Terealisasi

Sodik menambahkan, BUMDES Gerbang Emas tersebut diharapkan menjadi solusi dalam menciptakan lingkungan yang nyaman dan sehat bagi masyarakat di Desa Nanggung. Bank Sampah memfasilitasi para nasabah dengan buku tabungan khusus.

“Kami bergerak bagaimana menciptakan Lingkungan yang bersih, sehat dan terhindar dari penyakit. Ini salah satu program prioritas untuk masyarakat,” pungkasnya.

Secara bertahap, selain bank sampah Kata Sodik, pihaknya akan terus mengembangkan BUMDES dengan memanfaatkan peluang-peluang yang ada seperti yang saat ini sudah mulai bergerak yaitu dipenjualan ATK.

Baca Juga :  Pemdes Barengkok Terpaksa Sewa Mobil Angkutan, Berharap Mobil Ambulance Segera Terealisasi
- Advertisement -

“Kedepan pengembangan BUMDES ini yang sudah mulai bergerak adalah di ATK, dan bagaimana kita memanfaatkan peluang-peluang yang ada untuk menciptakan lapangan pekerjaan yang baru untuk masyarakat,” ungkapnya.

Di tempat yang sama tim survei lapangan BUMDES Gerbang Emas Udin Jaenudin menyampaikan, pihaknya selalu menghimbau warga untuk tidak membuang sampah sembarangan terutama sampah jenis plastik.

“Kita menghimbau kepada warga masyarakat agar sampah-sampah seperti jenis plastik tidak dibuang sembarangan lebih baik di kumpulkan kemudian setiap dua minggu sekali kita timbang dan dicatat jadi tabungan untuk warga tersebut,” tukasnya.

(Fahri)

- Advertisement -
Bogor
clear sky
21.3 ° C
24.9 °
19.3 °
94 %
1.4kmh
8 %
Sel
31 °
Rab
31 °
Kam
30 °
Jum
32 °
Sab
31 °

Berita terbaru

Niek Kimmann Cedera Lutut Setelah Tabrak Panitia

JAKARTA ‐‐ Pembalap BMX Belanda Niek Kimmann mengalami cedera lutut setelah menabrak seorang panitia saat latihan di lintasan balap...

Berita Terkait
publikbicara.com