23.9 C
Bogor
Jumat, 26 Februari 2021

Kecamatan Leuwiliang Masuk Nominasi Pilihan Ibu Kota Kabupaten Bogor Barat

Berita Populer

DP Sempat Pamit Kerjakan Tugas Sekolah

CIBUNGBULANG - DP warga kampung Ciaruteun RT 01 RW 03, Desa Cimanggu 1, Kecamatan Cibungbulang, yang ditemukan tewas...

Satpol PP Kabupaten Bogor Bersihkan Ratusan PKL Liar Pasar Leuwiliang

LEUWILIANG-Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bogor hancurkan ratusan pedagang kaki lima yang berada di bahu jalan raya...

Usai Jajan Di Warung, DP Tak Pulang Lagi

CIBUNGBULANG - Sehari sebelum korban DP meninggal dunia dan jasadnya di ketemukan warga dalam kantong plastik besar berwarna hitam...

Anggota Satpol PP Ini Miliki Nama Unik di Name Tag

LEUWILIANG - Dalam operasi penertiban pedagang kaki lima di sepanjang jalan raya leuwiliang tepatnya di depan pasar Leuwiliang, ada...

Miris! Di Wilayah Tambang Emas Nenek Ane Tinggal di Rumah Beralaskan Tanah

NANGGUNG - Miris! Seoang janda berusia sekitar 50 tahun tinggal sendiri di rumah bilik bambu beralaskan tanah di Kampung...
- Advertisement -

LEUWILIANG – Wacana Pemekaran Kabupaten Bogor yakni Bogor Barat menjadi Kabupaten Bogor Barat, semakin hangat .

Wacana Ibu Kota Kabupaten Bogor Barat pun kini terus berkembang menyusul banyaknya persepsi pemilihan ibu kota Kabupaten Bogor Barat, termasuk Kecamatan Leuwiliang yang di gadang-gadang menjadi Ibu Kota.

Sekda Kabupaten Bogor Burhanuddin mengatakan, penentuan Ibu Kota itu seyogyanya harus ditentukan sesuai titik orbitasi (titik tengah) dan sepenuhnya kewenangan Pemerintah. Meskipun usulan DOB itu usulan dan aspirasi masyarakat

- Advertisement -

“Kalau Wilayah pemekaran itu Aspirasi masyarakat tapi kalau sudah menentukan ibu kota, bobotnya di Pemerintah yang harus punya kewenangan,” ujar Burhanuddin, saat ditemui diruangan Sekda Kabupaten Bogor,Jumat (23/10/2020).

Burhanuddin menjelaskan, sejak awal wacanakan Ibukota Kabupaten Bogor Barat di usulkan oleh para toko masyarakat yang ada di Bogor Barat yakni lokasinya di Kecamatan Cigudeg, Kecamatan Leuwiliang dan Kecamatan Dramaga.

Hingga akhirnya melihat luas lahan dan segi lainya sepakat Ibu kota Bogor Barat di Kecamatan Cigudeg. Karena kondisi Kecamatan Cigudeg dari letak geografisnya rawan longsor akhirnya muncul usulan dari masyarakat Rumpin agar Ibukota Kabupaten Bogor Barat di Rumpin. Selain itu, Bupati Bogor juga melihat kondisi tersebut sangat merespon baik jika Ibu kotanya di Rumpin.

- Advertisement -

Tentunya, Pemda juga tidak sembarang dalam menentukan titik Ibu Kota. Tentunya harus ada kajian dari ITB untuk mengkaji titik mana saja yang sudah diusulkan untuk menjadi Ibu Kota.

“Intinya, Ibukota Bogor Barat Kabupaten Bogor bisa di Kecamatan Rumpin atau di Leuwiliang. Sebab, Kecamatan Leuwiliang urut pertama saat awal pentuan titik ibu kota. Selain itu, Kecamatan Leuwiliang tempat nya strategis sehingga berpeluang menjadi Ibukota,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Leuwiliang Daswara Sulanjana mengaku jika Kecamatan Leuwiliang bakal dijadikan Ibu kota Kabupaten Bogor Barat, tentunya dirinya sangat merespon baik.

- Advertisement -

Meninggat untuk menentukan ibu kota Kecamatan Leuwiliang sudah sangat layak. Sebab, sudah ada pasar, RSUD, Universitas dan lahan yang bakal di jadikan Ibu kota sudah ada yakni di Desa Karehkel.

“Saya pribadi waktu kecil tinggal di Leuwiliang, jika Ibu kota Kabupaten Bogor Barat di Leuwiliang tentunya mempunyai kembangaan tersendiri. Intinya, kita siap mendorong Kecamatan Leuwiliang menjadi Ibu Kota Kabupaten Bogor,” pungkasnya.

(Fahri)

- Advertisement -

Tinggalkan Balasan

Berita terbaru

Tiba Di Rumah Duka, Jasad Mayat Terbungkus Plastik Dimakamkan Pihak Keluarga

CIBUNGBULANG - Pasca ditemukan pada kamis (25/2/2021) Suasana pemakaman mayat dalam plastik di Desa Cimanggu 1, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten...

Berita Terkait
publikbicara.com