Beranda Nasional Waduh, Kok Bisa Layang-Layang Nyangkut Dipesawat Citilink?

Waduh, Kok Bisa Layang-Layang Nyangkut Dipesawat Citilink?

Yogyakarta – Pesawat Citilink nomor penerbangan QZ 1107 jenis ATR 72-600 dengan rute penerbangan Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta-Bandara Adisutjipto, Yogyakarta sempat mengalami gangguan penerbangan karena layang-layang.

GM Bandara Adisutjipto Yogyakarta Agus Pandu Purnama menerangkan bahwa kejadian pesawat tersangkut layang-layang terjadi pada Jumat (23/10) sekitar 16.48 WIB.
Agus Pandu menuturkan meskipun mengalami gangguan, namun pesawat tetap dapat mendarat dengan mulus dan tidak ada korban jiwa.

“Benar ada layang-layang lebarnya kira-kira 50 cm tersangkut di landing gear atau ban sebelah kiri. Kejadiannya kemarin (23/10) di Adisutjipto sekitar pukul 16.48 WIB,” ujar Agus Pandu saat dihubungi, Sabtu (24/10).

Baca Juga :  Jakarta Memasuki Era Baru: Resmi Menjadi Daerah Khusus dengan UU DKJ

Agus Pandu menerangkan saat kejadian pilot memang melihat kondisi saat itu banyak layang-layang di area final approach ketinggian kira-kira 1.000 kaki atau di seputaran barat jembatan layang Janti.

“Memang pilot melihat banyak layang-layang di sana (sekitar Janti) dan sudah dilaporkan ke petugas tower bahwa di final approach banyak sekali layang-layang, tapi sulit dihindari karena itu lintasan pesawat,” ungkap Agus Pandu.

“Dari tower juga sudah mengingatkan, ternyata pada saat mendarat ditemukan layang-layang nyangkut kira-kira dengan lebar 50 cm menyangkut di landing gear atau ban sebelah kiri,” imbuh Agus Pandu.

Baca Juga :  Pertarungan Politik Mencuat: Pasangan Duet Jaro Ade – Anang Hermansyah Dapat Sorotan Tajam

Agus Pandu menuturkan pesawat tersebut membawa 54 penumpang dan 5 awak kabin. Agus Pandu menerangkan bahwa usai tersangkut layang-layang dilakukan pengecekan kondisi pesawat. Dari pengecekan diketahui pesawat tidak ada kerusakan dan masih dinyatakan layak terbang.

“Setelah dicek tidak ada kerusakan di struktur dan skin pesawat dan sudah dilakukan pengecekan oleh tim teknis Citilink pesawat masih layak terbang,” tutur Agus Pandu.

Sumber : Merdeka

Artikulli paraprakSekda Intruksikan Para Camat Agar Menjaga Etika Tidak Arogan
Artikulli tjetërSaat Dirazia, Diberi Sanksi Menyanyikan Lagu Indonesia Raya Tapi Pemuda Ini Menyanyikan Lagu Kekasih Bayangan