Beranda Kesehatan Guru Besar UI : Peran Puskesmas Sangat Krusial Dalam Penanganan Covid-19

Guru Besar UI : Peran Puskesmas Sangat Krusial Dalam Penanganan Covid-19

Bandung – Guru Besar Universitas Indonesia Prof Akmal Taher menjelaskan soal peran puskesmas yang sangat krusial dalam penanganan pandemi COVID-19. Ia pun mengusulkan agar tracing dan testing COVID-19 bisa dilakukan di Puskesmas.

Ia mencontohkan puskesmas di Thailand memiliki peran yang sangat vital dalam penanggulangan wabah. Di Thailand, ujar Akmal, terdapat 10 ribu puskesmas untuk 70 ribu penduduk. Sementara di Indonesia memiliki 10.300 puskesmas untuk 260 juta penduduk.

Baca Juga :  Kegaduhan di Pelabuhan Sorong: TNI AL dan Brimob Bentrok, Begini Kronologinya! 

Sementara itu berdasarkan Pusdatin Kemenkes pada 30 Juni 2019, jumlah puskesmas di Jabar sebanyak 1.072, jumlah tersebut untuk menangani kesehatan 49,3 juta warga Jabar.

“(Puskesmas) itu kekuatan kenapa mereka (Thailand) bisa mencegah dan mendeteksi dini COVID-19. Mereka istilahkan puskesmas mereka punya kemampuan untuk mencegah (COVID-19),” tutur Akmal dalam siaran pers Pemprov Jabar, ditulis Rabu (21/10/2020).

“Jadi kami usulkan tracing dan testing dilakukan di puskesmas, karena kita belum memanfaatkannya. Apalagi jika kita ingin mempertahankan pelayanan dasar kesehatan,” tambahnya.

Baca Juga :  Operasi Petir: Penangkapan Epik Sembilan Penambang Emas Nakal oleh Tim Patroli Antam

Senior Advisor WHO asal Indonesia Diah Satyani Saminarsih, mengatakan puskesmas adalah kunci untuk mengendalikan pandemi dari hulu karena memiliki jejaring yang sangat luas.

“Investasi di puskesmas, layanan kesehatan dasar, akan menopang kesehatan suatu negara,” ujar Diah.

Ia pun menyarankan agar pemerintah bisa mengoptimalkan peran strategis puskesmas dalam penanganan COVID-19.

Sumber:Detik

Artikulli paraprakBioskop di Jakarta Sudah Bisa Operasi Kembali
Artikulli tjetërAksi Tolak Omnibus Law, Buruh Geruduk Balaikota Bogor