Beranda Daerah Pemkab Bogor Bakal Distribusikan Bansos Tahap 3

Pemkab Bogor Bakal Distribusikan Bansos Tahap 3

BOGOR-Pendistribusian bantuan sosial (bansos) tahap 2 rampung sudah. Rencananya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor bakal mendistribusikan tahap 3 dalam waktu dekat.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kabupaten Bogor, Nuradi, mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan rapat evaluasi terkait pendistribusian bansos tahap 2, kemarin. ”Alhamdulillah, bansos tahap 2 sudah selesai kita distribusikan kepada masyarakat di 40 kecamatan di Kabupaten Bogor. Saat ini kita sedang mengevaluasinya,” katanya.

Rapat evaluasi tersebut, sambung dia, menyinggung soal sejumlah kendala dalam proses pendistribusian Bansos kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Disperdagin Kabupaten Bogor juga masih menung­gu Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) kaitan ketersediaan beras untuk didistribusikan kepada masyarakat .

”Kita masih menunggu kon­firmasi dari pihak Bulog kai­tan ketersediaan beras yang ada saat ini. Sebab, 6.000 ton bukan jumlah yang sedikit. Jadi, Bulog mesti mempersi­apkan terlebih dulu,” ujarnya. Nuradi memastikan tidak ada penambahan atau pengu­rangan kuota penerima ban­sos tahap 3. ”Kuotanya tetap, tidak ada perubahan, baik pengurangan atau penamba­han dengan tahap 2 kemarin,” tegasnya.

Baca Juga :  Pertandingan Pembuka Piala Asia U-23 : Garuda Muda Kalah dengan Penuh Kontroversi

Sebelumnya, pada pendist­ribusian bansos tahap 2 ke­marin, Pemkab Bogor meny­ediakan 6.000 ton beras Bulog untuk 200 ribu Keluarga Rumah Tangga Sasaran (KRTS), dengan rincian 30 kilogram untuk setiap KRTS.

Sementara itu, Wakil Bu­pati Bogor, Iwan Setiawan, mengatakan, berdasarkan laporan yang diterimanya dari disperdagin, saat ini pihaknya masih melakukan pematangan dan evaluasi pendistribusian bansos tahap 2. Hal tersebut agar pada proses pendistribusian ban­sos tahap 3 lebih baik dan lebih efektif ketimbang se­belumnya. Bahkan, Disper­dagin saat ini sedang menung­gu kesiapan Bulog. ”Kita dapat laporan dari disper­dagin, saat ini semuanya sedang dipersiapkan. Kita juga masih menunggu ke­siapan Bulog. Kalau dari Bulognya sudah ready baru kita umumkan,” ucapnya.

Baca Juga :  Alarm Merah di Gunung Ruang: Status Dinaikkan Menjadi Level IV Awas

Iwan menegaskan, bansos beras tahap 3 ini merupakan bansos terakhir dari Pemerin­tah Kabupaten (Pemkab) Bogor. Pemkab Bogor nantinya akan lebih fokus memberikan stimulus kepada masyarakat Kabupaten Bogor dalam skala kelompok.

”Jadi, tidak ada bansos tahap 4, 5 dan 6. Kita akan lebih condong ke bantuan pendi­dikan, bantuan kelompok seperti UMKM. Jadi bantuan­nya kita alihkan,” tutupnya.

Sumber:Metropolitan

Artikulli paraprakWaspada Klaster Baru Covid-19 Saat Libur Panjang
Artikulli tjetërProses Perbaikan Jalan Bojonggede-Citayam Butuh 1 Bulan Lebih